Gadged Multi Fungsi

Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Self Talk, Self Image dan Tekhnik CRAFT

CRAFT : Cancel Replace Affirmation Focus Train

CRAFT merupakan salah satu teknik sederhana yang diperkenalkan oleh pengetahuan aplikasi psikology modern.

Teknik ini sederhana sekali. Sangat efektif untuk menginstall sebuah ketrampilan baru. Dan saya secara pribadipun saya selalu menerapkan teknik ini jika saya perlu meng-install-kan sesuatu ke dalam diri saya.

CRAFT singkatan dari Cancel – Replace – Affirmation – Focus – Train, di mana teknik ini terutama dipergunakan untuk merubah “Self Image”, walaupun dengan sedikit penekanan di sana-sini juga efektif untuk pencapaian “Outcome” yang telah kita tetapkan.

Sebagai contoh Kita akan memasukkan “Self Image” tentang kemakmuran, yang kita harapkan nantinya “Self Image” ini akan mendukung segala langkah kita untuk benar-benar menjadi sukses.

C adalah CANCEL
segera lakukan pembatalan (secara aktif) jika kita melakukan “Self Talk” yang bersifat sabotase. Dalam hal ini adalah seluruh “Self Talk” yang menyatakan kita “miskin”, “susah”, “tidak punya apa-apa”, dsb.

R adalah REPLACE
segera pada kesempatan pertama, lakukan “penggantian” dengan kata atau kalimat yang memberdayakan. Misal : “Saya dikaruniai kekayaan yang luar biasa banyaknya”, “Saya pribadi yang sangat kaya”, dsb.

A adalah AFFIRMATION
yang dalam hal ini dimaknai sebagai pembuatan simbol-simbol yang akan diperkenalkan secara intens ke pikiran bawah sadar. Afirmasi dapat berupa “kata-kata”, selama “kata-kata” ini dapat dikonversi menjadi citra bagi pikiran bawah sadar. Afirmasi dapat pula berupa gambar-gambar yang terkait dengan kemakmuran.

F adalah FOCUS
menyediakan waktu secara khusus, dan menggunakan teknik khusus, yaitu subconscious reprograming untuk memasukkan konsep mengenai “kaya” sesuai dengan yang kita inginkan.

T adalah TRAIN,
bersikap seakan-akan kita benar-benar telah hidup kaya berkelimpahan, sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sikap yang dimaksud adalah mulai dari sikap fisiologis, sampai dengan sikap bathin.

CRAFT ini harus dilakukan secara aktif, terus menerus tanpa henti, sampai dengan memasuki tahapan “Unconscious Competence”. Berdasarkan pengalaman, untuk instalasi “Self Image” yang moderat, dibutuhkan waktu sekitar 2-4 minggu agar mencapai tahapan “Unconscious Competence”.

Cara merubah Citra Diri atau Self Image.

Self Image atau “Citra Diri” menempati posisi penting dalam kehidupan kita. Self Image “menentukan” apa yang dapat kita capai dan apa yang tidak dapat kita capai. Oleh karena itu pembentukan Self Image yang memberdayakan mutlak diperlukan di tahap awal perjalanan menuju sukses.

Salah satu teknik untuk merubah atau membentuk Self Image, adalah teknik sederhana yang diperkenalkan oleh metode Psychocybernetics (Dr. Maxwell). Teknik ini disebut dengan CRAFT yang merupakan singkat dari Cancel – Replace – Affirm – Focus – Train.

Hal yang terpenting dari teknik ini adalah kita harus benar-benar meyakini bahwa Self Image yang dimaksud adalah benar-benar kita inginkan.

Berikut ini adalah detail dari setiap point teknik CRAFT :

Cancel
Lintasan pemikiran negatif atau yang bertentangan dengan tujuan kita, harus segera di-Cancel sesaat setelah kita menyadarinya. Cancel harus dilakukan dengan mengucapkan kata “cancel”, baik terucap atau dalam hati. Mungkin langkah ini awal mulanya terasa aneh dan “mengada-ada”, tetapi yakinlah bahwa jika hal ini dilakukan secara displin, akan bermakna bahwa awareness kita telah mengalami peningkatan dalam mendeteksi adanya lintasan pemikiran negatif. Pengucapan kata “cancel” juga dimaksudkan sebagai pembatalan pemrograman ke pikiran bawah sadar.

Replace
Lintasan pemikiran negatif yang telah di-”cancel”, segera dipertegas dengan melakukan pemrograman pikiran dengan cara mengucapkan kalimat yang berlawanan, atau kalimat yang sesuai dengan tujuan kita. Lakukan dengan fokus sejenak, karena yang kita program adalah pikiran bawah sadar.

Affirm
Pikiran bawah sadar adalah “mahluk” yang lebih mengenali image. Oleh karena itu kita dapat meng-edukasi pikiran bawah sadar ini secara lebih efektif dengan bantuan “afirmasi”. Dalam hal ini afirmasi yang dimaksud bukan hanya “kata-kata afirmasi”, tetapi juga dapat berupa gambar atau suara yang berkaitan dengan Self Image yang akan kita bentuk.

Focus
Sesekali kita sempatkan waktu untuk benar-benar memprogram pikiran bawah sadar. Self Hypnosis merupakan salah satu teknik yang efektif untuk keperluan ini.

Train
Sejak saat kita meniatkan untuk melakukan perubahan, maka sejak saat itu pulalah kita harus bersikap seakan-akan perubahan tersebut sudah terjadi, dengan lain kita harus bersikap seperti aktor yang tengah “acting” dalam peran Self Image yang baru. Acting ini menyangkut sikap tubuh (fisiologis), cara berbicara, cara berpikir, kondisi mental-emosional, dsb.

Teknik CRAFT merupakan lingkaran langkah yang harus dilakukan terus menerus sampai dengan Self Image ini terprogram secara permanen, dan benar-benar telah menjadi identitas baru dalam diri kita.

Secara umum waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan sebuah Self Image adalah sekitar 4-6 minggu.

*

CANCEL-ING
“C” dalam CRAFT memiliki arti “Cancel”, atau suatu teknik untuk meng-cancel segala bentuk Self-Talk atau lintasan pemikiran, termasuk citra (image) yang berlawanan dengan “pemrograman” yang kita maksud.

Kemakmuran kaya dan sukses adalah mindset. Tanpa software kemakmuran atau nama lainya “prosperity conscious” kaya itu tidak mungkin. Kaya itu muskil, imposible jika kita tidak memiliki , tidak menginstall prosperity conscious.

Orang tua, lingkungan, belief system, adalah yang memberikan pemahaman-pemahaman kepada seorang anak ketika dia masih kecil, masih polos dan mulailah anak tersebut di ajari tentang kemiskinan, tentang “poverty conscious”.

Misalnya dikatakan kepada sang anak ketika memegang uang ,” eh awas loh, uang itu kotor, uang pidah-pindah tanga, jatuh dan macem-mace, jadi kotor, sana di cuci tangannya”. Sebuah doktrin sepotong yang diulang-ulang yang sejak lama di letakan kepada sang anak.

Ketika jalan hidupnya berjalan, dia heran mengapa ia tidak bisa menabung, dia heran mengapa uang seakan hanya lewat begitu saja, “kantong nya selalu kosong”, kerja sekeras apapun uang lewat saja.

Sekali lagi, ada banyak doktrin poverty dalam kehidupan seseorang yang berefek hingga dewasa. Ini semua harus di bongkar, harus di ganti, harus di install program kemakmuran, cara pertama adalah dengan mengaplikasikan “Canceling Methode”.

Tampaknya mudah, toh hanya sekedar melakukan “Cancel” saja ? Tetapi dalam prakteknya, langkah ini merupakan langkah yang tersulit dari tahap lainnya.

Kenapa ? Karena pikiran manusia memiliki “entitas” yang seringkali dan selalu berupaya “menggoda” dengan cara-cara yang sangat liar, untuk meruntuhkan berbagai “belief” atau “Self Image” baru yang sedang kita programkan ke diri kita !

Dalam kondisi normal, “ego kecil” tersebut dapat dianalogikan sebagai pihak “oposisi” yang bertugas melakukan “counter” agar setiap pemikiran kembali selaras alias tidak terlalu melambung jauh ke bulan ! Tetapi pada prakteknya “Si ego kecil” ini terkadang terlampau rajin, sehingga membuat kita berpotensi seperti terkena “Obsessive Compulsive Disorder” ! Ketika anda melakukan empowerment : “ toyota kijang hitam itu gue banget…..”

Maka “si ego kecil” dengan lantangnya akan berkata :

“kamu ngawur …. Gaji sebagai pegawai cuma 5 juta kok bermimpi begitu muluk, bayar kewajiban rumah sudah habis, kok mau punya kijang … tak mungkin … tak mungkin …. !“.

Proses “Cancel” membutuhkan displin yang tinggi dan tentu saja “awareness” yang tinggi pula ! Tanpa “awareness” mustahil kita dapat “mendeteksi” gerakan pemikiran yang bersifat “oposisi” ini ….! Sampai tercapai tahapan “Unconscious Competence”.

Dan, ketika kita telah benar-benar dapat membebaskan diri dari “Si ego kecil”, maka pencapaian menuju sukses (untuk konteks tertentu) dapat dikatakan kita sudah sangat dekat dengan sukses yang kita programkan !

*

REPLACE- ING
“R” adalah “Replace”, dan ini merupakan pasangan dari “C” atau “Cancel”, artinya setiap kali terdapat lintasan atau Self-Talk negatif, maka setelah anda melakukan “Cancel-ing”, segera anda “Replace” dengan “kata-kata atau kalimat yang memberdayakan” yang merupakan “counter” dari hal yang telah kita “Cancel”.

Contoh : anda meniatkan untuk memasukkan Self-Image bahwa anda selalu bahagia, kaya, dan secara fisik sehat untuk menikmati hidup.

Suatu saat, misalkan anda bernafas tersengal-sengal saat menaiki tangga gedung 4 lantai, dan seorang rekan menyapa anda : “Kenapa mas/mbak ? Kok kelihatan lemes gitu, cape ?”

Lalu misalkan secara reflek anda menjawab : “Ya maklumlah, kan umur sudah nggak muda lagi, nggak sekuat dulu !”

Naah.. ini adalah suatu “pernyataan diri” yang seakan-akan terdengar “wajar”, tetapi sesungguhnya merupakan bentuk pemrograman yang berlawanan dengan keinginan kita untuk menjadi sehat dan muda !

Maka, begitu kita “menyadarinya”, segera lakukan “Cancel”, yang langsung diikuti dengan “Replace”, misalkan dengan kalimat dalam self talk anda menjadi “Saya dikaruniai kesehatan dan kebugaran yang sangat prima !”.

Dalam pemograman kemakmuran ketika anda secara reflek mengatakan, “biarlah ngak kaya asal bahagia”, “itu khan rezeki dia yang besar, saya mungkin hanya segini (sambil menunjuk sebuah level yang lebih rendah) “, “ngapain kaya kalau banyak masalah”, “yang penting happy, bukan kaya”.

Inilah program yang secara bawah sadar seseorang sering muncul secara reflek dan tidak di cancel, bahkan kalau di cancel dengan mengatakan astagfirullah (misalnya), banyak yang lupa atau tidak tahu cara me - REPLACE nya setelah meng-cancel. pasti saja tidak efektif, tidak membuat anda jadi baru yang sukses.

Di sesi workshop, replace ini kuncinya. Bagaimana anda dengan segera melakukan counter program dengan menggantikan yang sesuai dengan maunya anda. Bagaimana Replacement yang benar langsung terasa dalam fisiologi gerak tubuh anda. Terlihat di body language anda. Lakukan replace ini dengan terus menerus dengan kunci yang di ajarkan. Selesai masalah anda.

*

FOCUS - ING
“F” adalah “Focus”, yang artinya kita sebaiknya menyediakan waktu khusus minimal sekali dalam sehari untuk secara “sengaja” memasukkan seluruh program yang kita inginkan ke pikiran bawah sadar kita.

Caranya ? Dengan terlebih dahulu menenangkan diri, masuk ke gelombang otak yang lebih rendah dari biasanya, atau dikenal sebagai gelombang Alpha. Lalu pada saat kita mulai memasuki keheningan ini, masukkanlah program kita dengan cara “berbicara ke diri sendiri”, membuat panggung imajinasi yang dapat menampilkan hal-hal yang kita ingin capai, dan memberikannya sentusan emosi positif.

Teknik ini populer dengan sebutan “sub conscious reprograming”.

Sesungguhnya, metode CRAFT merupakan “sebagian” dari paket metode untuk mencapai sukses, dimana CRAFT ini lebih ditekankan untuk keperluan perubahan “Self Image” yang mungkin lebih bersifat global.

Lakukan CRAFT dengan disiplin tinggi, untuk merubah suatu “Self Image” ! Gunakan awareness yang baik berturut-turut (waktu moderat yang biasa berlaku). Songsonglah kelahiran “Self Image” baru, dan nikmatilan “servomechanism” yang baru ! Tentunya “servomechanism” sukses !

Jika “Self Image” telah mendukung, maka saatnya bagi kita untuk memasuki “penciptaan” yang lebih detail, yaitu hal-hal nyata yang kita perlukan dalam kehidupan.

Untuk pencapaian hal-hal yang lebih detail semacam ini, tentu kita dapat mempergunakan teknik-teknik yang lebih tepat, misalkan dengan teknik : Well-Formed Outcome, Time Line, Future Pacing, break pattern, projected imaginary, perpetual perception baru, semua ada di workshop.

Dari uraian di atas, semoga dapat dipahami bahwa bagaimanapun juga sukses ternyata membutuhkan upaya, ketekunan, dan strategi. Mencapai sukses adalah bagaimana mentransformasikan “mimpi” menjadi suatu langkah-langkah yang relatif lebih mudah untuk “di-indra-kan” dan di-“ukur” !

Selama kita hidup di alam semesta yang sama, maka sesungguhnya tidak ada “keajaiban” yang tidak memiliki struktur ! Semuanya memiliki pola dan pasti tunduk kepada hukum yang mengikat seluruh penghuni alam semesta.

Kini semuanya kembali kepada pilihan kita masing-masing, apakah kita lebih nyaman untuk tetap menjadi “pengharap”, atau kita “bangun” dan menggunakan segenap sumber daya yang kita miliki untuk menjadi “the best of you” yang siap untuk “meramu” segenap hukum yang berlaku di alam semesta.

"What you are now is a God’s gift, what YOU BECOME its your gift to God". Percayalah, “you become” adalah freewill. Pilihlah menjadi terbaik dan memberikan yang terbaik untuk Sang Pencipta sebagai persembahan anda kepadaNYa.

KEMBALI KE DAFTAR ISI

PERINGATAN!!!
Dilarang Menyebar Luaskan Materi dalam Pelatihan ini tanpa seizin Guru Besar.

SEMBUH TUMBUH AMPUH

Back To Top

Scroll to top